Tak dapat Stok Pupuk. Berikut Alasannya

Tak dapat Stok Pupuk. Berikut Alasannya

KONAWE – Dua kecamatan di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) tidak mendapat stok pupuk subsidi dari pemerintah daerah setempat. Kecamatan itu yakni Anggotoa dan Tongauna Utara.

Sebelumnya kecamatan tersebut pernah menerima stok pupuk subsidi dan memiliki daftar Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), tapi tahun ini Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Konawe menghentikanya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Konawe, Gunawan Samad membenarkan hal tersebut.

“Kecamatan Tongauna Utara dan Anggotoa itu belum memiliki nomor registrasi kecamatan sehingga saat di input melalui aplikasi, dua kecamatan ini terkendala di situ,” kata Gunawan, Jumat 27/05/2022.

Terkait hal itu, pihaknya telah menyampaikan ke pimpinan daerah untuk diusulkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemedagri) agar dua kecamatan ini mendapat nomor registrasi tahun depan.

” Kita sudah sampaikan ke sekretariat daerah untuk di usulkan ke pusat, biar tahun depan petani kecamatan ini kembali menerima bantuan pupuk,” harapnya.

Untuk sementara petani di dua Kecamatan itu terpaksa menggunakan pupuk non subsidi. Sementara kecamatan lain tetap menerima pupuk subsidi yang kini telah di salurkan ke kios pengecer.

Penulis: HIJRAHEditor: RANDA
error: Hak Cipta dalam Undang-undang