,

Tanpa Syariah Kekerasan Seksual Semakin Menigkat

Oleh : Syarwiah (Aktivis Muslimah Kendari)


 

Lagi-lagi kasus kejahatan seksual masih menjadi sorotan ditengah banyaknya problematika yang dihadapi masyarakat saat ini. Sebagaimana di daerah Konawe Selatan (KonSel), sepanjang tahun 2020 kasus kejahatan sesksual pada anak berulang kali terjadi. Polres Baubau bersama Polsek Wolio berhasil mengungkap kasus pencabulan dibawah umur yang dilakukan oleh tersangka AR (37) terhadap dua kakak beradik berinisial SR (17) dan RH (15) dikamar 311 Hotel Rizkina, Kelurahan Tomba, Kecamatan Wolio, Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara (Sultra) Rabu (Kendariinfo, 16/12/2020).

Satuan Bakti Pekerja Sosial  (Sakti  PekSos) Kementerian Sosial Republik Indonesia  di Konsel. Helpin menyampaikan, selama tahun 2020 kejahatan seksual pada anak di Konsel berjumlah 32 kasus. Korban  merupakan anak berusia  antara 5-18 tahun, korban kebanyakan berasal dari kalangan usia TK, SD, SMP, dan juga SMA.

 

Diusia itulah, mereka rawan menjadi korban kejahatan seskual. Helpin menyebutkan faktor  yang  mempengaruhi kejahatan sesksual pada anak adalah kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak dalam pergaulan dan besarnya faktor digital yang membuat anak-anak lebih mudah mengakses video asusila yang menyebabkan terjadinya kejahatan seksual sesama anak, ditambah lagi masih minimnya literasi dalam penggunaan media digital itu sebabnya sebagian masyarakat mudah terpapar konten negatif dari internet.

 

kemudian anak-anak menjadi  sasaran kejahatan seksual.  Helpin juga mengatakan “peran lingkungan, orang tua, dan pengasuh sangat dibutuhkan selain itu literasi guru kepada anak harus semakin baik, insha allah kasus kejahatan seksual terhadap anak bisa ditekan sedemikian rupa,” tutupnya. (Telisik.id, 26/12/2020)

 

Berdasarkan fakta di atas, maka peran orang tua sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak,  serta pengawasan dan pengontrolan aktivitas yang dilakukan anak dalam kesehariannya. Orang tua juga seharusnya  mengarahkan anak untuk memahami konsep pergaulan, serta menyadarkan anak untuk memilah konten yang akan dikonsumsi dari media sosial.

BACA JUGA :   Tidak Konsisten, Masyarakat Digantung Janji

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co