Target Pendapatan Daerah, Sumbernya Darimana?

Rahmawati
Rahmawati

Oleh : Rahmawati (Muslimah Kendari)


OPINI : Pemerintah kota Kendari, provinsi Sulawesi Tenggara telah memasang target anggaran pendapatan pada tahun 2021 sebesar Rp. 1,5 triliun. Wali kota Kendari Sulkarnain Kadir menargetkan APBN 2021 terdiri atas pendapatan senilai Rp. 1,5 triliun, belanja daerah Rp. 1,8 triliun dan pembiayaan daerah Rp. 330 miliar (Antara, 25/11/2020).

 

Rencananya anggaran pembelanjaan daerah diarahkan untuk penanganan persampahan dan kebersihan lingkungan, penerangan jalan, penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, termasuk upaya Pemerintahan kota Kendari untuk terus melakukan penanganan dampak pandemi Covid-19.

 

Sedangkan pembiayaan daerah akan diarahkan untuk pembangunan sarana dan infrastruktur kesehatan beserta peralatan kesehatan, pembangunan jalan dan jembatan serta peningkatan kualitas air minum.

 

Alokasi APBN Kota Kendari 2021 masih akan fokus pada pendidikan dan kesehatan yang porsinya masing-masing 20 persen untuk pendidikan dan 10 persen untuk kesehatan.

 

BACA JUGA :   Meninjau Ulang Soal Ledakan Penduduk

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co