Tekan Penularan Covid-19, Bupati Koltim Minta Kades Gencar Imbau Warga Tak Keluar Daerah


KALOSARA NEWS – Angka vaksinasi Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) masih terbilang rendah, dari jumlah sasaran 95 ribu jiwa, koltim baru menuntaskan sekitar 21 ribu atau 19% dari target vaksinasi. Hal ini di karenakan kurangnya distribusi vaksinasi di koltim.

Sebagai langkah penekanan penyebaran Covid-19 di wilayah Koltim, pemerintah setempat lakukan penanganan pandemi Covid-19 berbasis desa dan kelurahan.

“Pemda Koltim selama ini sudah berupaya semaksimal mungkin dalam menangani Covid 19, diantaranya gencar melakukan percepatan vaksinasi, meskipun akhir-akhir ini menunjukkan peningkatan kasus yang cukup signifikan,” kata Bupati Koltim, Andi Merya saat lakukan pertemuan bersama seluruh kepala OPD, camat, kepala puskesmas, kepala desa dan lurah se-Koltim.

Di kesempatan itu, Andi Merya berharap kepada seluruh satuan tugas untuk bersama berpatisipasi menekan penyebaran Covid-19 ini. Ia berpesan kepada pemerintah camat, lurah dan desa untuk  menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas ke luar daerah, sementara untuk dinas kesehatan di minta untuk lakukan tes Covid-19 baik menggunakan rapit tes antigen mau pun tes PCR.

“Sarana dan prasarana kesehatan virus covid 19 pemerintah daerah telah cukup banyak menyediakan anggaran kesehatan mau pun tenaga medis dan juga mendapat bantuan dari gugus tugas provinsi Sulawesi tenggara. selain itu dalam penanganan yang lebih komperhensif pemda juga sudah menggalokasikan anggaran yang cukup untuk ketahanan pangan, ekonomi dan sosial” ungkap Bupati Merya.

Ia juga menyampaikan kepada pemerintah desa dapat menggunakan semaksimal mungkin menggunakan dana desanya untuk penanggulangan covid dan tetap melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan dan pembinaan supaya meningkatkan disiplin masyarakat untuk memakai masker mencuci tangan menjaga jarak serta membentuk pos jaga di setiap desa, menyiapkan tempat isolasi di desa yang mempunyai kasus positif.

BACA JUGA :   Menyoroti Tren Hijrah Para Selebriti

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co