Tim Penilai Apresiasi Pembinaan P2WKSS di Konsel

Ketgam : Penyambutan Tim penilai lomba P2WKSS
Ketgam : Penyambutan Tim penilai lomba P2WKSS/foto rj

KALOSARA NEWS : Desa Lalousemba Kecamatan Lalembuu mewakili Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2018.

Penilaian lomba dilaksanakan hari pada Jumat (09/11/2018). Dalam penilaian ini di hadiri Tim penilai dari Pemprov Sultra bersama rombongan yang di pimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov Sultra, Dra.

Andi Tenri Rawe Silondae, serta di dampingi Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Konsel, Ir. Agusalim, M. Si, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) ,Hj. Ariaty, Kadis P3A Konsel, Dra Yuliana, serta Kapolsek Lalembuu Ipda. Rusmin.

Asisten Bid Pemkesra Setda, Agusalim mengatakan lomba P2WKSS merupakan sebuah proses dan tahapan untuk mengetahui sejauh mana daerah telah melaksanakan persiapan. Penilaian semacam ini bukanlah tujuan utama tetapi bagaimana kelanjutan dan pengaruh setelah lomba ini, khususnya kaum perempuan dari segi sosial dan ekonomi.

“Utamanya dalam peningkatan penghasilan serta meningkatkan kesejahteraan dengan ilmu dan keterampilan yang sudah mereka dapatkan dari OPD terkait dan pihak lain, yang saling bersinergi agar sinkronisasi kepentingan dapat berdampak langsung terhadap kebutuhan masyarakat dengan mengesampingkan ego sektoral,” sambut Agusalim.

Kata Agusalim, pada dasarnya merupakan program terpadu dalam peningkatan peran perempuan sebagai penggerak, subyek dan pelopor pembangunan yang ada di desa yang di dukung Pemda melalui Dinas P3A dalam mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat.

Olehnya itu, lanjut Agusalim, pihaknya mengapresiasi kinerja pada semua tingkatan PKK yang ada di desa, kecamatan serta anggota dasa wisma yang walaupun tidak digaji tetap melaksanakan fungsinya masing-masing.

“Jadi, Kami berharap Desa Lalouesamba bisa di perhitungkan sebagai Juara Pertama pada lomba ini,” harap Agusalim.

BACA JUGA :   Eks Setda Koltim Tutup Usia

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penilai lomba, Andi Tenri Rawe Silondae, mengatakan kegiatan lomba P2WKSS ini sejalan dengan program Gubernur Sultra Ali Mazi demi menuju Sultra Emas yakni ekonomi kuat, daerah maju, aman dan tentram, dan masyarakat sejahtera.

Dikatakannya, salah satunya meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan dengan meningkatkan SDM dan SDA untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia.

“Dalam rangka pembangunan masyarakat desa, kelurahan dengan perempuan sebagai penggeraknya yang diprioritaskan pada daerah rawan sosial, pendidikan, ekonomi dan kesehatan,” tutur Andi Tenri.

Menurutnya, Program ini secara umum diharapkan dapat meningkatkan upaya, peran dan partisipasi perempuan dalam pembangunan untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pemahaman kebangsaan, dengan melakukan pembinaan secara terkoordinasi mulai dari desa, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga tingkat provensi,” menurutnya.

Olehnya, kata Andi Tenri, mereka turun menilai untuk membandingkan karya dan kinerja dengan wilayah lain, mereka percaya kerja keras bukan hal siasia, tetapi mempunyai nilai luhur dalam mewujudkan keluarga maju dan sejahtera, serta untuk memperkecil kesenjangan antara pria dan wanita, karena itu atas nama Pemprov Sultra memberikan apresiasi dan penghargaan yang telah memberikan pembinaan baik materi maupun tenaga demi kemajuan kemasyarakatan daerah menuju terwujudnya Indonesia Emas.

“Kita berharap agar program P2WKSS jangan hanya jadi lomba semata, tapi proses ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di desa sehingga dapat meningkatkan peran perempuan, dan kami berharap hasil penilaian dan kunjungan lapangan Tim penilai bisa mengantarkan kembali Konsel meraih prestasi,” tutup Andi Tenri.