Ragam  

DEWAN PROYEKSI, 2019 KONAWE SURPLUS TENAGA KERJA

Gusli Topan Sabara
Gusli Topan Sabara

Lenterasultra.com-(Unaaha)-Untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang adil dan makmur, Kabupaten Konawe harus membuka lapangan kerja baru dengan melakukan kerjasama pihak investor maupun swasta lainnya, sehingga 2019 mendatang Konawe akan surplus tenaga kerja. hal itu bisa tercapai jika pemerintah dan masyarakat bisa memberikan kenyamanan investasi, sehingga konawe bisa terus on the trek. hal ini dikatakan Ketua DPRD Konawe Gusti Topan Sabara saat ditemui di ruang kerjanya Senin (28/03/2016)

Gusli Topan Sabara yang dipanggil Gusli mengatakan, Tugas kesejahteraan bukan hanya tugas pemerintah daerah tetapi juga tugas dan tanggungjawab kepala keluarga dan individu-individu karena menurutnya, meskipun pemerintah membangun jalan yang mulus, membangun jalan 40 m dan membangun jembatan sampai 10 lantai, pertanyaannya bisakah masyarakat tidur di atas jalan dan di atas bangunan yang megah kemudian mereka tidak bekerja kesejahteraan itu bisa tercapai.? tentulah tidak akan tercapai.

Jadi menurut Gusli, untuk mencapai kesejahteraan itu, jika pemerintah membuka stimulasi membangun lapangan kerja baru, setelah terbuka lapangan kerja baru dan masyarakatnya semua bekerja, baru tujuan kesejahteraan masyarakat adil dan makmur bisa tercapai.
“jadi harus dibuka lapangan kerja baru, nah itu baru bisa dicapai” katanya

Gusli merinci, angka pengangguran di kabupaten Konawe saat ini sebesar 15 ribu jiwa, “untuk kedepannya 2017 nanti itu sudah zero kita, kalau Morosi, kelapa sawit pabriknya jalan sudah zero kita. Pelosika jalan 2019 maka, maka konawe akan mencetak peluang kerja baru sebesar 10 ribu jiwa, berarti kita sudah memasukan tenaga kerja dari luar Kabupaten Konawe” rincinya

Kata dia, Apapun yang bangun masyarakat tidak akan sejahtera dengan tidur di atas jalan, masyarakat hanya bisa sejahtera kalau sudah bekerja.kalau sudah sejahtera baru pemerintah memberikan stimulasi membuat jalan bagus, jembatan yang bagus dan semua fasilitas pendukung untuk membuat kenyamanan supaya bisa produktif. Dengan sendirinya Masyarakat dapat menyekolahkan anak-anaknya dan kesehtannya bisa terjamin.

Gusli kembali menegaskan, Jadi pemerintah harus menciptakan lapangan kerja baru, untuk itu harus diberikan kenyaman dalam berinvestasi bagi investor.jika invetasinya nyaman maka dengan sendirinya akan menyerap tenaga kerja, maka kesejahteraan itu juga dengan sendirinya akan tercapai

Sebagai ketua DPRD Konawe Dia melihat, apa yang dilakukan oleh bupati dan wakilnya sudah tepat karena kesejahteraan itu adalah tanggungjawab masyarakat, pemerintah adalah memberikan dukungan. dengan cara bekerjasama dengan ivestor,

“Jadi peluang yang miliki misalnya dalam bidang industri kita bekerjasama dengan swasta, yuk investasi di sini itu tugas kita meyakinkan kepada swasta supaya mau berinvestasi, kalau sudah mau berinvestasi jika sudah terbuka peluang kerja baru kita tata, jadi 2019 nanti kita surplus” ujarnya.

Penulis : Armin
by edit

error: Hak Cipta dalam Undang-undang