Waspada Sultra Darurat Narkoba !


Oleh : Hasrianti

(Mahasiswi UHO)


Narkoba singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya merupakan bahan atau zat yang jika dimasukan dalam tubuh manusia, dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan perilaku seseorang. Narkoba juga dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat.

Bumi anoa begitulah kiranya  julukan untuk provinsi Sulawesi tenggara, Ibu Kota Kendari, tak jarang juga menyebutnya sebagai kota bertaqwa. Namun, siapa sangka dibalik semua gelar itu Sultra merupakan provinsi tempat penyalagunaan narkoba.

Dilansir oleh www.detiksultra.com – POLDA Sultra baru-baru ini merilis laporan tahunan mengenai penanganan kasus selama tahun 2019 di Sulawesi Tenggara. Deretan angka yang sangat memprihatinkan disampaikan oleh aparat kepolisian, dimana jumlah kasus narkoba sepanjang 2019 yang mencapai 231 kasus dengan 293 tersangka. Dari angka itu, tidak ada yang lebih memprihatin lagi, yakni penangkapan tersangka kasus narkoba, didominasi usia 21-29 tahun sebanyak 202 kasus (Jumat, 3/01/2020).

Tak hanya itu penghujung tahun 2019 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaporkan telah menangkap 31 pengedar dan merehabilitasi 230 pengguna narkoba. Dari tangan pelaku, BNNP Sultra amankan ada sebanyak 11,01 kilogram narkotika jenis sabu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Imron Korry ia mengatakan, tingkat peredaran narkotika tahun ini cukup naik siginifikan dibandingkan tahun lalu dengan mengamankan 3 kilogram sabu (www.inikatasultra.com 27/12/2019).

Kasus narkoba di Sultra tak kunjung sirna, narkoba selalu menjadi deretan kasus favorit setiap tahunnya. Peredaran narkoba secara khusus jadi barang bernilai ekonomi yang cukup menggiurkan bagi para penggunanya. Narkoba menggurita seolah hukuman penjara tak cukup jadi solusi tuntas. Wajar jika kemudian muncul tanya, mengapa Sultra dan narkoba begitu akur ?

BACA JUGA :   Bupati Ungkap, Pinjaman PT SMI Biar tidak Dikembalikan

 

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co