Weri Bundu Pahlawan Perempuan Yang Hampir Dilupakan

Ketua DPRD Konawe Gusli Topan Sabara,ST
Ketua DPRD Konawe Gusli Topan Sabara,ST
(Foto – Ketua DPRD Kabupaten Konawe Gusli Topan Sabara,ST.MM )

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe terus mengupayakan Weri Bundu Pahlawan perempuan bagi masyarakat Kabupaten Konawe untuk terdaftar menjadi Pahlawan Nasional. Niat mulia untuk menaikan Perempuan yang perna menentang masuknya Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) di Kabupaten Konawe ini merupakan upaya DPRD dalam menjaga Kearifan Budaya.
Weri Bundu sendiri adalah seorang perempuan yang berasal dari negeri para leluhur tanah kerinduan Kabupaten Konawe, pada masa lalu Ia diketahui begitu gigih menentang masuknya VOC di konawe pada tahun 1910-an, selain itu Weri Bundu juga menjadi laskar perempuan yang perna berjuang untuk Kabupaten Konawe.

Dalam Sejarah perjuangan-nya, Weri Bundu pernah disekap, yang kemudian dibuang oleh belanda. Dokumen The Legend yang dimiliki

oleh Belanda Weri Bundu dibuang di Sawalutung. Sementara itu tujuan utama VOC adalah memonopoli dan menguasai perdagangan rempah-rempah di Nusantara seperti cengkeh, pala, lada, dan lain sebagainya.

BACA JUGA :   Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis Tingkat Konawe Dimulai

Tentang Penulis: admin

Gambar Gravatar
PT Kalosara Media Sultra | Penerbit www.kalosaranews.com merupakan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta tergabung dalam jaringan Siberindo.co